SmS : 0812 8657 6168

mferrywong@yahoo.com

 

Konseling & Terapi

Home Care Therapy + Conseling

(Sesuai Perjanjian)

 

WA. 0812 8657 6168, BBM 7f9aaabc

 

SIPT : 448/77/SIPT/DINKES/XII/2010

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Anti Aging

by : dr. Syuly J. Karundeng , 23-03-2007

 

Anti aging sedang ramai dibicarakan sekarang. Kita semua mau bertambah umur tapi tidak mau menjadi tua. Praktisnya setiap orang ikut serta berusaha mencapai kecantikan ideal dan ingin menjalani hidup sehat. Banyak orang menghabiskan banyak waktu dan uang untuk tetap kelihatan muda. Sejak jaman dahulu, wanita terkenal sangat memperdulikan usaha anti aging dan pria juga ikut serta dalam 10 tahun terakhir. Anti aging bisa diterjemahkan sebagai usaha untuk mencegah proses penuaan atau tetap kelihatan muda dan/atau merasa muda.

Orang dari pelbagai kelas sosial di seluruh dunia mengeluarkan uang untuk produk-produk dan operasi bedah demi memperbaiki dan mempertahankan rupa dan vitalitas mereka. Di jaman modern, seperti sekarang, peremajaan dan elastisitas dianggap sangat penting dan bisa berpengaruh banyak dalam relasi atau posisi seseorang.

 

Pertambahan Umur
Hidup selalu identik dengan pertambahan umur, orang pasti akan menjadi lebih lebih tua. Hal ini terjadi karena kombinasi makanan cukup, sehat dan juga hygiene serta pelayanan kesehatan yang lebih baik. Disamping itu semakin sedikit orang bekerja di lingkungan yang berbahaya atau beban fisik yang berat. Ada orang yang mencapai usia lanjut tanpa masalah tetapi ada juga yang mendapat lebih banyak masalah yang berhubungan dengan ketuaan dan penyakit.

Penuaan adalah proses sebagai akibat dari perpendekan telomeren dalam tubuh. Telomeren adalah ujung akhir dari kromosom dan melindungi organisme dari kerusakan. Pada setiap pembelahan sel dan apabila orang menjadi lebih tua, telomeren menjadi lebih pendek. Pada saat ini banyak produk-produk yang mencegah proses penuaan tapi pertanyaannya apakah semua produk ini bagus?

 

Masyarakat
Sudah terkenal dari zaman Cina dan Mesir kuno bahwa wanita dari kalangan atas menggunakan ekstrak tanaman dan kosmetika  dioleskan pada kulit mereka atau dengan mandi air susu keledai untuk membuat kulit lebih supel dan lebih menarik untuk dilihat. Wanita juga memakai pakaian dan perhiasan spesial agar memperkuat penampilan yang diinginkan.

Penampilan muda biasanya bergantung pada harga yang mahal. Terutama jika harus mempergunakan produk ekslusif atau operasi bedah. Semua industri tertuju pada kecantikan ideal dan/atau mempertahankan kondisi fisik. Tak bisa disangkal jika orang dengan penampilan fit dan muda memperoleh lebih banyak sukses pada calon partner atau pemberi pekerjaan. Hal ini terjadi hampir di setiap negara.

Pemerintah dari negara industri dan perusahaan komersial sedang sibuk dengan penuaan dari penduduk. Kasarnya anti aging mempunyai kaitan pada masalah biologis, rohaniah dan sosial-masyarakat.

 

Iklan dan media
Sepertinya kita pada usia yang lebih muda sudah menjadi tua. Dunia iklan dan penyiaran mempunyai pengaruh utama dalam hal ini. Dimana-mana anda dapat melihat iklan dari orang muda, cantik atau gagah, yang mempromosikan produk-produk tertentu. Hampir semua model mempunyai kulit yang bagus dan licin. Banyak orang mempercayai gambar ideal tersebut dan melakukan apa saja untuk tetap muda, bahagia dan sehat.Pesan dari iklan yang biasanya menawarkan produk anti aging adalah seperti berikut :
"Jika anda membeli produk yang ditunjukkan, anda bisa bahagia dan berhasil seperti model tersebut."

 

Ilmu Pengetahuan
Ilmu pengetahuan dan industri farmasi lebih menfokuskan perhatian pada produk anti aging. Semakin banyak dokter dan ilmuwan menjadi spesialis pada produk anti aging dan setiap hari di seluruh dunia banyak kongres mengenai anti aging diselenggarakan. Orang yang bertambah tua menjadi penasaran untuk produk dan jasa tersebut. Ilmu pengetahuan tidak hanya menfokuskan pada kosmetika, implant atau bedah plastik tapi juga pada DNA, sel keturunan dan penyelidikan kognisi. Disamping penyelidikan otak sehubungan dengan fungsi ingatan, pengetahuan juga menawarkan banyak penyelidikan sehubungan dengan sel keturunan. Susunan molekul tubuh diuraikan dan gen-gen yang rusak bisa diganti dengan terapi gen. Proses penuaan bisa diperlambat dimana keadaan hidup orang tua bisa menjadi lebih menyenangkan. Jika trend ini maju terus, normal jika orang dapat hidup sampai 100 tahun atau bahkan lebih lama.

 

Saran Ranesi dokter
Orang tua ingin merasa muda dan bisa dimengerti apabila banyak orang berusaha kelihatan lebih muda dan lebih fit. Anda jangan terobsesi dengan masalah ini. Yang lebih penting adalah merasa nyaman dan percaya diri dalam menjalani hidup.
Untuk orang yang tidak bisa menerima keadaan mereka apa adanya, mungkin bermanfaat untuk berbicara dengan psikolog. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter keluarga anda dan bersama mencari jalan keluar yang terbaik sesuai dengan situasi anda.

Sumber : http://www.ranesi.nl/tema/kesehatan050926/Anti_aging070323

 

 

Manfaat Akunpuktur untuk kecantikan

Menjadi seorang akupunturis tak terbayang oleh Yvonne. Sebelum tahun 1990, ia tak pernah mempercayai khasiat jarum akupunktur untuk kesehatan.

Ia sebenarnya pun mempunyai ketakutan tersendiri dengan ujung-ujung jarum. Jangankan jarum akupunktur , jarum suntik yang biasa dipakai dokter untuk menyuntikan cairan ke tubuh pasien saja, Yvonne amat takut sekali. Meski sebenarnya, perempuan yang murah senyum ini pernah bercita-cita menjadi seorang dokter lantaran sanak keluarganya banyak yang menjadi tenaga medis.

Ketertarikkannya pada akupuntur berawal ketika tahun 1992, ia mengalami gangguan di seputar wajah lantaran salah menggunakan kosmetik. Berbagai dokter ahli kulit dan kecantikan tak mampu mengatasi gangguan yang dialaminya. Lewat jarum akupuntur ternyata gangguan tersebut sirna. "Dulu, saya sempat menarik diri dari pergaulan. Karena gangguan di seputar wajah ini. Sukar untuk dilukiskan, bagaimana kondisi saya ketika itu. Saya sendiri takut untuk dilakukan operasi. Setelah tak menemukan pengobatan yang cocok di Jakarta, tahun 1994, saya pergi ke Surabaya. Saya berharap mendapatkan pengobatan yang baik di sana. Suatu ketika, awal tahun 1995, saya iseng-iseng ikut saudara menghadiri seminar akupuntur," tutur perempuan kelahiran 7 Juli 1966 ini.

Masih kata Yvonne, saat seminar di Surabaya silam, ia dijadikan contoh percobaan mengatasi gangguan kesehatan dengan jarum akupunktur oleh pembicara asal Cina. Setelah menjadi kelinci percobaan, Yvonne merasa ketagihan untuk ditusuk. Bukan tanpa sebab, lantaran luka yang berair di sekitar wajah mulai mengering setelah mendapatkan percobaan tusukakan tersebut. Setelah menjalani pengobatan selama 6 bulan dengan teknik akupunktur di Surabaya, wajahnya kembali bersinar bak bayi yang baru lahir.

Tahun 1996, ia pulang ke Jakarta, dengan membawa sejumlah keceriaan dan harapan. Karena kesembuhannya lewat jarum akupuntur, ia bertekad mendalami ilmu cenciu ( akupunktur ) dari negeri Tirai Bambu ini. Maka, sejak tahun 1997, Yvonne malang melintang mencari dan belajar akupunktur di lembaga-lembaga pendidikan akupunktur di Jakarta. Tahun 1999, setelah magang praktik di beberapa klinik akupunktur, ia mendirikan Yayasan Pendidikan Pengobatan Tradisional Indonesia bersama seorang sahabatnya. Di yayasan itu pulalah, ia sempat menjadi pengajar tunggal ilmu akupunktur.

Selain itu, ia juga mempelajari berbagai manfaat dan mengolah tanaman obat di IKNI (Ikatan Naturopati Indonesia), suatu organisasi yang menghimpun sinse dan akupunkturis. Lalu, tahun 2003, ia mencoba membuka sendiri lembaga pendidikan akupuntur. Kini, ia mempunyai lembaga pendidikan akupunktur dan klinik akupunktur kesehatan dan kecantikan " Sumber Kasih ".

Alamat Praktek :
Klinik Sumber Kasih
Bendungan Hillir III No. 10 , Jakarta Pusat
Telp: 021 - 570 3851

Penulis : Hendra Priantono : Sumber : Senior