SmS : 0812 8657 6168

mferrywong@yahoo.com

 

Konseling & Terapi

Home Care Therapy + Conseling

(Sesuai Perjanjian)

 

WA. 0812 8657 6168, BBM 7f9aaabc

 

SIPT : 448/77/SIPT/DINKES/XII/2010

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

The Prevention of Breast Cancer

Each year in the United States, approximately 180,000 women will be told they have breast cancer. While there is ample information in the public about the medical aspects of treatment, by comparison, information on prevention is still lacking. This article will provide some current information on how Chinese women work toward prevention of breast cancer. While this article addresses women, breast cancer does rarely occur in men (less than 2% of the cases each year).

 

Diet

Diet plays a major role in prevention of breast cancer.

 

Breast cancer rates among Japanese and Chinese women are approximately one-tenth of those of American women. The typical Asian diet is lower in fat and dairy products, and much higher in soy products, green vegetables, and whole grains compared to Western societies. Breast cancer rates have increased for immigrant Japanese women in California who have gradually switched to a more western diet. This also includes descendants. This does suggest that diet factors do play a big role especially while the body is still young and growing. An overweight female also has higher risk. Eating more fish instead of red meat can reduce the intake of saturated fat. Asians also tend to eat fresher foods, which have less preservatives. Farming in Asia tends to use less chemical fertilizers and pesticides due to the initial high cost of chemicals, though this has been changing rapidly as farming has increasingly become "westernized". Organic farming has become more popular of late and does provide a better source of produce.

Stress

Stress can stimulate excessive hormone secretion in the body, which can lead to higher rate of breast cancer. Evaluate your daily life. Busyness does not equal more stress. Worrying excessively can create tension in the body and should be reduced if possible. Look at having a more positive outlook in life. My mother always told me, "When you are angry, 10 million cells in your body die or become toxic; when you are happy, all your cells are happy and functioning."

Source : http://www.acupuncture.com/conditions/breastc.htm

 

 

Jangan Abaikan Rasa Sakit di Payudara

Payudara merupakan salah satu bagian tubuh yang perlu dirawat dan dijaga kesehatannya karena berfungsi sebagai :

* Pemberi makanan bayi

* Kenikmatan Seks

 

Sebagai perempuan, harus waspada apabila setiap kali payudara terasa :

* Berdenyut

* Sakit

* Serasa di tusuk - tusuk

* Membengkak

* Ditemukan adanya benjolan.

 

Kanker ?

Belum tentu, meskipun begitu perlu di waspadai apabila ditemukan gejala - gejala tersebut atau ketidakwajarlah pada payudara sebaiknya diperiksakan ke dokter. Kemungkinannya menjalani Mammogram atau Ultrasonografi atau lainnya. Kelegaaan akan anda dapatkan apabila penyebab rasa sakit tersebut bukanlah suatu keganasan. Walaupun begitu, tetaplah wajib mencari penyebab rasa tidak nyaman di payudara, disertai solusinya secara kedokteran dan alternatif.

 

Kista Payudara

Rasa sakit dan tidak nyaman bisa disebabkan oleh Kista yang berisi cairan yang tumbuh pada payudara. Kista payudara sebagai reaksi dari surut dan meningkatnya aliran hormon dari bulan ke bulan, dari tahun ke tahun, maka kemungkinan akan tumbuh jaringan berserat mirip bekas luka yang mengikat cairan tubuh dan membentuk kista yang kerasdan dapat berpindah - pindah. Kadangkala kista akan menekan saraf yang ada didekatnya dan membuat peradangan di jaringan sekitarnya yang menyebabkan pembengkakan di bagian itu.

 

Solusi :

Dokter mungkin akan menyedot cairan yang ada dalam kista menggunakan jarum suntik yang akan mematikan kista. Namun bila cairan tersebut mengandung darah, dan kista tidak hilang atau bila kista pulih kembali dalam sekejap, maka perlu dilakukan biopso untuk mengetahui apakah ada keganasan. Bila ada tanda - tanda keganasan kista harus diangkat melalui operasi.

 

Menurut Melvin J Siverstein, MD , Direktur Lee Breats Center dari Norris Comprehensive Cancer Center, Los Angeles : " Biasanya Kista jinak tidak akan tumbuh menjadi kanker. Kista kecil tidak perlu diobati. Kista semacam itu muncul dan menghilang dengan sendirinya. Tetapi Kista besar yang dapat dirasakan kehadirannya, sebaiknya diangkat ."

 

Alicia Gonzales, ND, dosen Bastyr University, Seattle, menasehatkan untuk mengurangi konsumsi kopi untuk menghambat kista tumbuh kembali. Tentu tidak semua wanita harus mengurangi minum kopi, namun sebagian besar yang menderita kista mengalami penyembuhan setelah mengurangi minum kopi.

 

Meningkatkan konsumsi :

* Makanan kaya yodium , seperti kerang - kerangan

* Satu or dua sendok makan flaxseed oil .

 

Tumor Payudara

Tumor jinak dan padat bisa berkembang dalam jaringan serat payudara . Tumor semacam ini umum diderita remaja wanita, meskipun dapat terjadi pada wanita segala usia. Biasanya dilakukan biopsi untuk melihat adanya keganasan. Menurut Melvin J Siverstein, MD , " Sebaiknya tumor semacam itu diangkat, terutama jika menimbulkan rasa sakit ( jarang terjadi ) atau jika menyebabkan rasa tidak nyaman. Pengangkatan tumor dilakukan dengan operasi . "

 

Infeksi Payudara

Gejala klasik infeksi adalah :

* Radang kemerahan di kulit payudara

* Rasa panas

* Kadang Demam

* Sakit kepala

 

Infeksi payudara umumnya dialami oleh wanita yang sedang menyusui, namun bisa juga terjadi jika ada akumulasi cairan disuatu bagian payudara.

 

Pada wanita mendekati masa menopause :

* Saluran dibawah puting susu menjadi tersumbat dan meradang.

* Keluar cairan pekat dan lengket dari puting susu.

 

Infeksi Payudara menyerang :

* Wanita yang pernah dioperasi payudaranya ( misalnya Lumpectomy )

* Sistem Imun yang lemah .

* Wanita perokok ( karena penyempitan pembuluh darah, sehingga menghambat pengiriman O2 )

 

Solusi :

* Kompres panas 3-4 X sehari @ 10 menit, akan membantu mengurangi rasa sakit / tidak nyaman.

* Antibiotika untuk membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi.

* Bila terjadi abses diperlukan sayatan kecil dengan anestesi lokal untuk mengeluarkan nanah.

* Operasi untuk mengangkat jaringan yang terinfeksi.

 

Deteksi Kanker Payudara :

* Mamografi      ( Sinar X dari samping, atas ke bawah )

* USG              ( transmisi gelombang suara flekuensi tinggi )

* MRI               ( Magnetic Resonance Imaging , untuk membedakan jinak atau ganas )

 

Waspadai perubahan - perubahan fisik payudara

Jangan tunda berkonsultasi dengan dokter khususnya dokter spesialis bedah onkologi (SpBOnk), jika anda menemukan perubahan - perubahan yang persisten pada diri anda setelah periode haid, bila :

*

Benjolan disekitar payudara sekecil apapun (dari sekitar puting sampai ketiak ).

*

Perubahan ukuran, bentuk, dan kontur payudara.

*

Perubahan kulit ( cekungan, retraksi, warna kemerahan, warna kehitaman, peradangan, samapai kulit bersisik.

*

Perubahan rasa : gatal ; nyeri pada fase lanjut, dan lain-lain.

*

Keluarnya discharge atau cairan dari puting.

 

Payudara Sakit menjelang Haid

Keluhan umum wanita pada masa menjelang haid adalah :

* Rasa sakit bila tersenggol

* Payudara membengkak

 

Lebih dari 50% wanita mengalami hal tersebut di atas. Meskupun tidak parah tetapi cukup mengganggu dan tidak nyaman. Biasanya terasa :

* 3 - 5 hari menjelang haid

* Berakhir seminggu setelah haid.

 

Menurut penelitian Richard J Santen, MD, Professor Ilmu Kedokteran di University of Virginia Health System di Charlottesville :

1 dari 10 wanita menderita rasa sakit di payudara menjalar sampai ketiak bahkan sampai lengan.

Belum dapat diketahui, mengapa ada wanita yang menderita sakit payudara menjelang haid dan ada yang payudaranya baik-baik saja. Namun para ahli memperkirakan rasa sakit itu disebabkan perubahan hormon dan kadar cairan tubuh menjelang haid.

Pada paruh kedua siklus masa haid, kadar hormon progesteron dan estrogen mulai meningkat dan mancapai puncaknya sekitar satu minggu sebelum haid mulai. Perubahan hormon setiap bulan itu menyebabkan rasa tidak nyaman pada payudara.

Christiane Northup, MD, dokter ahli kandungan dan penulis buku " Women's Bodies, Women's Wisdom, percaya bahwa wanita yang mengeluh payudaranya membengkak menjelang haid memproduksi estrogen lebih banyak dibandingkan progesteron.

Ada alasan tambahan selain masalah hormon. Pada seseorang, rasa tidak nyaman bulanan yang dialaminya surut pada awal haid dan di saat kadar estrogen serta progesteron berada pada tingkatan paling rendah. Rasa tidak nyaman bulanan juga meningkat sebelum menopause, dan menghilang setelah menopause ketika kadar kedua hormon semakin menghilang tidak diproduksi lagi oleh tubuh dan haid terhenti.

Rasa sakit yang bukan dialami bulanan umumnya terjadi pada satu payudara. Rasa sakitnya tajam atau panas serasa terbakar.

 

Solusi :

*

Untuk menghindari rasa tidak nyaman payudara yang membengkak, gunakan BH dengan ukuran yang pas namun tidak ketat dan tanpa kawat untuk menghindari terhambatnya aliran darah dan sirkulasi cairan limfe.

*

Minum pil antiradang ibuprofen akan mengurangi rasa sakit payudara.

*

Minum kapsul evening primrose oil juga bisa mengurangi rasa sakit payudara. Biji - biji tanaman evening primrose mengandung asam gama linoleat. Kekurangan asam tersebut akan mencetuskan rasa sakit oayudara menjelang haid.

Reaksi positif setelah mengkomsumsi kapsul minyak evening primrose diteliti di Inggris menunjukan :

- 58% wanita dengan rasa sakit bulanan

- 38% wanita dengan rasa sakit non-bulanan.

*

Mengurangi atau sama sekali menghindari minum kopi, dapat mengurangi rasa tidak nyaman pada payudara.

Jennifer Gass, MD, Direktur Breast Health Center di Women dan Infants Hospital di Rhode Island, Providence menganjurkan mengurangi minum kopi dan " 50% pasiennya memberikan respon positif setelah mengurangi minum kopi ".

Penelitian menunjukan bahwa kopi memperparah simtom PMS ( Post Menstrual Syndrome ) karena meningkatkan kadar estrogen.

 

SADARI = pemeriksaan payudara sendiri

Sebaiknya mulai rutin dilakukan sejak perempuan memasuki usia 20-an, dilaksanakan sekitar 3 - 5 hari setelah haid berhenti dan tidak dialakukan saat sedang haid atau menjelang haid, karena hasil pemeriksaan akan rancu dengan kondisi payudara membengkak dan benjol akibat pengaruh hormon.

Sebaiknya dilakukan setiap bulan pada tanggal yang sama terutama setelah menopause.

Teknik - teknik pelaksanaan SADARI :

 

*

Berdiri di depan cermin, telanjang dada.

Perhatikan payudara anda, tangan rileks menjuntai. Perhatikan apakah ada perubahan bentuk ( benjolan ) , posisi, perubahan tekstur dan warna kulit ( permukaan kulit tidak rata, cekungan, berwarna kehitaman, atau kerutan seperti kulit jeruk ), dan luka atau borok. Jangan kuatir jika ukuran payudara kanan tidak sama dengan yang kiri, karena memang ada payudara seperti itu. Perhatikan juga daerah puting, apakah ada perubahan bentuk atau perubahan arah. Pada beberapa kasus, arah puting menjadi miring atau malah tertarik ke dalam. Ini menunjukan indikasi kanker.

*

Posisi tangan kacak pinggang, kemudian tekan tangan ke pinggang sehingga otot dada menjadi kencang atau terjadi konstraksi, perhatikan apakah ada perubahan bentuk pada payudara.

*

Periksa apakah ada cairan yang keluar dari puting ( discharge ). Caranya letakan ibu jari dan telunjuk di sekeliling puting, kemudian tarik puting keluar. Dalam keadaan normal dan bila tidak sedang menyusui, seharusnya tidak ada cairan yang keluar dari puting.

*

Selanjutnya berbaring dengan bantal dipunggung. Letakkan tangan kanan belakang kepala. Tangan kiri berada pada payudara kanan dengan seluruh ibu jari dirapatkan dan rata. Mulai meraba secara melingkar dari luar ke dalam. Pastikan seluruh daerah payudara bagian luar sampai ke arah ketiak. Lakukan juga dengan payudara kiri menggunakan tangan kanan.

*

Rapatkan jari - jari tangan dan letakkan diatas puting. Tekan ke arah punggung, rasakan ada tidaknya perubahan di daerah bawah puting. Puting yang normal dengan mudah dapat di gerakan. Raba pula daerah di atas dan di bawah tulang selangka untuk mendeteksi adanya benjolan .

Source : Nirmala Januari 2007